Nama : Chuswatun Chasanah
NPM : 13.0102.0070
Kelas : Akuntansi _B
Perencanaan dan Pengembangan
E-Business
Proses perencanaan e-bisnis, sebelum membangun sistem ebisnis
terlebih dahulu perhatikan langkah-langkah yang harus ditempuh yaitu :
-
Mendaya
gunakan komputer personal, jaringan komputer dan internet seoptimal mungkin.
-
Membangun halaman web untuk jalinan
komunikasi antara perusahaan dengan konsumen secara efektif dan fleksibel.
-
Membangun SI e-Business yang efektif.
Tahap
– Tahap Pembentukkan Sistem E-Business
Ada
beberapa tahapan yang berguna untuk pengembangan sistem e-bussiness
§
Tahap Perencanaan E-Business
1. Memahami
permasalahan yang muncul dan mendefinisikan secara rinci.
2. Merumuskan
kasus-kasus bisnis yang ingin diselesaikan.
3. Mengestimasikan
total investasi yang akan disediakan.
4. Rencana
aksi yang konkrit.
§
Tahap Analisis E-Business
Menurut
Mc.Leod terdapat 6 dimensi kelayakan :Kelayakan teknis, Pengembalian ekonomis,
Pengembalian non-ekonomis, Hukum dan etika, Operasional, Jadwal.
Faktor
lain : Kelayakan organisasi,
Kemungkinan permodalan, Tingkat kompetisi produk, Harga sistem. Untuk
tahap ini harus dilakukan seobyektif mungkin agar hasilnya tidak biasa.
§
Tahap Perancangan E-Business
1. Fase
pemahaman kriteria kebutuhan sistem.
2. Selain
memperhatikan rekomendasi kelayakan, perlu memperhatikan :
§ Kebutuhan Perusahaan
§ Kebutuhan Operator
§ Kebutuhan Teknis
§ Tahap Pemaparan E-Business
1. Tahap
ini merupakan kegiatan untuk mengimplementasikan rancangan yang telah
disusun sebelumnya agar dapat diwujudnyatakan
2. Implementasi
untuk prosedur di dalam teknologi komputer akan menggunakan bahasa komputer
3. Sementara
itu, untuk proses yang terdapat di luar sistem komputer, disusunlah sebuah
konvensi atau perjanjian atau tata tertib, agar setiap orang yang terlibat
dapat mengikuti alur yang telah ditetapkan
4. Untuk
merealisasikan sistem pada tahap pemaparan ini, ditempuh beberapa metode,
antara lain, penggunaan paket aplikasi, pengembangan oleh staf sendiri
(insourcing), dan pengembangnan yang dilakukan dengan kerjasama dari pihak luar
seperti konsultan atau software house (outsourcing)
RANCANGAN
PEMBANGUNAN E- BUSINESS
I.
Membangun Sebuah e-Business
Dalam
membangun sebuah e-business, ada lima tahapan yang harus dilalui oleh calon
pebisnis online. Kelima tahapan dalam perencanaan pembangunan sebuah bisnis
online atau e-biz.
- Penetapan strategi E-biz.
- Perencanaan Website yang Representatif.
- Pembuatan Website.
- Promosi Website.
- Respons terhadap feedback yang muncul,yang diakhiri dengan worksheet merencanakan business action plan.
II.
Kapan Kita Membutuhkan Website?
Apakah
kita sudah benar-benar siap untuk membangun sebuah stategi e-biz kita?sebelum
melangkah, sebaiknya diperhitungkan terlebih dahulu apakah bisnis anda
benar-benar membutuhkan sebuah website. dengan melakukan pengetesan Bterlebih
dahulu kita dapat melihat permasalahan sebenarnay lebih mudah. berikut beberapa
pertimbangan yang dapat menunjuan perlu tidaknya bisnis kita memiliki website.
- Pesaing anda telah online lebih dulu dengan sebuah website dan anda yakin bahwa keberadaan online mereka telah membuat bisnis menjadi lebih buruk bagi anda.
- Konsumen dan prospek terbaik anda adalah web-savvy
- Bisnis anda akan memperoleh keuntungan dari berkomunikasi dengan para konsumen.
- Aktivitas pemasaran bsinis anda akan lebih sukses dengan adanya sebuah website.
- Bisnis anda akan memperoleh keuntungan dari direct sales dan distribusi.
- Produk anda termasuk tipe produk yang sangat terdukung oleh promosi dan atau penjualan online.
- Aliansi bsinis anda mengharuskan adanya sebuah website.
III.
Tahapan Perencanaan Pembangunan Bisnis Online
III.1.
Penetapan Strategi e-Biz
-
Langkah 1: mengidenifikasikan internet benefit .
Internet
benefit ini nantinya akan muncul melalui dua cara:
- Dengan menggunakann feature-feature pada Web sebagai bagian dari produk atau layanan .
- Menggunakan web untuk meningkatkan keuunggulan yang sudah ada pada produk atau layanan .
-
Langkah 2 : Menentukan model pendapatan
Terdapat
beberapa pendekatan dasar untu mendatangkan pendapatan melalui sebuah web .
- Direct sales : pendapatan akan dating langsung dari penjualan produk atau layanan.
- Indirect sales : pendapatan akan dating secara tidak langsung dari site content melalui penjualan space iklan.
- Licensing atau selling content : pendapatan akan diperoleh dari lisensi atau penjualan content ke pihak atau site lain.
-
Langkah 3 : Penetapan tujuan dan objective e-biz
Berikut
beberapa tipe tujuan dan objective untuk e-commerce small business.
-
Langkah 4 : Pencarian ide untuk website
Kumpulkan
pengetahuan yang dimilii oleh pesaing dengan melakukan riset atas “best
practice” . “best practice “, diawali dengan site yang tidak mungkin
menjadi pesaing dalam bisnis anda, tetapi berisi benefit dan feature yang
mungkin dapat dipinjam dan diaplikasikan pada e-biz anda nantinya.
-
Langkah 5 : Membuat preliminary project plan
Bila
keempat langkah sebelumya telah anda pahami dengan benar,akan lebih mudah bagi
anda untu membuat sebuah preliminary project plan. Project-project
terbagi dalam bebrapa kegiatan-kegiatan umum berikut.
- Kejelasan titik awal dan akhir.
- Menetapkan sumber-sumberc penting.
- Menetapkan jangka waktu.
- Menetapkan anggaran.
III.2.
Perencanaan Website yang Representatif
Tahap
kedua adalah merencanakan website yang cukup representative . beberapa
keputusan yang harus dibuat mengenai organisasional website dan aspek-aspek
teknis dari e-biz lain :
-
Langkah 1 : Memilih technical resource
-
Langkah 2 : Membuat sebuah site map
-
Langkah 3 : Pemantapan tampilan website b
-
Langkah 4 : Membangun fungsionalitas teknis pada website
-
Langkah 5 : Membuat rencana pemeliharaan website
III.3.
Pembuatan website
-
Langkah 1 : Rencana isi (content)
Rencana
isi ini akan sangat membantu dalam menjelaskan mengenai :
- Isi yang sebenarnya di butuhkan
- Apakah isi ini sudah ada sebelumnya atau tidak
- Isi apa yang perlu untuk dibuat
-
Langkah 2 : Membuat homepage
Terdapat
beberapa hal penting yang harus selalu di ingat bila membuat homepage:
- Kesan pertama . home page merupakan halaman pertama, dan yang mampu menimbulkan kesan pertama pada pengunjung site, disinilah titik kritisnya apaka mereka akan melanjutkan perjalanan di website tersebut atau meninggalkannya ke website lain.
- Quick assessment atas content site.
- Cepat dan mudah .
-
Langkah 3 : Merubah content yang ada dan pengadaan content yang diperlukan
Membuat
content untuk web meminta tidak hanya menyangkut masalah penggubahan materi
tertulis ke dalam HTML . page (HTML-Hypertext Markup Languange – bahasa
computer yang digunakan untuk menciptkan dokumen yang dapat dibaca menggunakan
web browser).
-
Langkah 4 : mengintegrasikan e-biz
Keberadaan
e-biz secara potensial mempengaruhi keseluruhan nilai yang lain memunculkan
aktifitas dalam model bisnis antara lain :
- Desain produk.
- Marketing dan promosi.
- Penjualan.
- Akuntansi dan control inventory.
- Customer service.
III.4.
Promosi e-Biz (website)
-
Langkah 1 : memilih dan mendaftarkan nama domain .
Domain
name adalah sebuah nama unik yang mengidentifikasikan sebuah site di internet .
Biaya untuk mendaftarkan domain name sangat ringan dan biasanya registrasi ini
berlaku untuk dua tahun.
-
Langkah 2 : Rencana promosi
Promosi
memiliki kedudukan yang sangat penting bagi keberhasilan sebuat e-biz. rencana
promosi e-biz berisi kombinasi metode promosi tradisional dengan metode online
yang sesuai dengan kondisi internet.
III.5.
Respons Terhadap Feedback yang Masuk
-
Langkah 1 : Rencana follow-up customer support
Dibutuhkan
sebuah model unty mem-folloe-up input dari konsumen. Beberapa model follow-up
atas input dari konsumen yang dapat dilakukan oleh bagian customer service :
- E-mail us. Sebagian besar website memiliki fungsi “ e-mail us “ dengan tipe dimaksudkan mendorong pengunjung untuk bertanya.
- 1-800-Calss-Us. Sekarang banyak usaha kecil yang memiliki saluran nomer 800 untuk menampung order dan pertanyaan-pertanyaan.
-
Langkah 2 : pemeliharaan website
Masalah
ini telah dikupas secar alebih mendetail mengenai pemeliharaan website untu
memastikan agar apa yang direncanakan telah diimplementasikan dengan efektif.
Berikut beberapa pekerjaan yang harus dilakukan dalam pemeliharaan sebuah
website :
- Menjaga agar content website selalu baru,menarik,dan cocok dengan gaya website itu sendiri.
- Memastikan isi site benar-benar akurat dan up-to-date.
- Melacak aliran pengunjung.
- Memastikan semua link aktif dan pada tempat yang tepat pada website.
-
Langkah 3 : Penelusuran penggunaan site
Sebagian
besar Internet Service Provider (ISP) menyediakan site-tracking tool
atau dapat diperoleh dengan membeli software program sute-tracking
tool maupun software-nya akan menimbulkan perasaan “kelebihan data tetapi
kekuranagn informasi “.
PENGEMBANGAN
E-BUSINESS
6
Tahapan Pengembangan E-Business
Brochurware
perusahaan biasanya menggunakan internet sebagai medium untuk berpromosi (marketing). Satu arah
Jenis-jenis informasi standar yang biasa diletakkan dalam situs perusahaan adalah:????
Customer Interactivity
perusahaan mulai mengembangkan kemampuan aplikasi situsnya untuk memungkinkan terjadinya komunikasi dua arah (dialog) antara perusahaan dengan para konsumen
Contohnya adalah fasilitas..?
Transaction Enabler
pengembangan suatu aplikasi yang memungkinkan terjadinya transaksi bisnis secara elektronik (E-Commerce).
One-to-One Relationship
mekanisme yang memungkinkan terjadinya transaksi perdagangan antar individu
Real Time Organizations
bisnis non-stop 24 jam dimana seluruh transaksi telah diambil alih secara otomatis oleh komputer dimana secara real time calon penjual dan pembeli melalui situs perusahaan dapat bertemu dan melakukan transaksi saat itu juga
Communities of Interests
kemampuan perusahaan dalam membentuk sebuah komunitas di dunia maya, yang terdiri dari para konsumen dan rekanan bisnis yang saling bekerja sama untuk menciptakan value di internet
perusahaan biasanya menggunakan internet sebagai medium untuk berpromosi (marketing). Satu arah
Jenis-jenis informasi standar yang biasa diletakkan dalam situs perusahaan adalah:????
Customer Interactivity
perusahaan mulai mengembangkan kemampuan aplikasi situsnya untuk memungkinkan terjadinya komunikasi dua arah (dialog) antara perusahaan dengan para konsumen
Contohnya adalah fasilitas..?
Transaction Enabler
pengembangan suatu aplikasi yang memungkinkan terjadinya transaksi bisnis secara elektronik (E-Commerce).
One-to-One Relationship
mekanisme yang memungkinkan terjadinya transaksi perdagangan antar individu
Real Time Organizations
bisnis non-stop 24 jam dimana seluruh transaksi telah diambil alih secara otomatis oleh komputer dimana secara real time calon penjual dan pembeli melalui situs perusahaan dapat bertemu dan melakukan transaksi saat itu juga
Communities of Interests
kemampuan perusahaan dalam membentuk sebuah komunitas di dunia maya, yang terdiri dari para konsumen dan rekanan bisnis yang saling bekerja sama untuk menciptakan value di internet
CONTOH :
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Pada
era globalisasi modern sekarang ini komputer / laptop adalah sebuah
alat yang sudah sangat pupuler. komputer telah memberikan berbagai macam
kemudahan bagi maunusia dalam melaksanakan berbagai macam aktivitas
harian. Menonton film, bermain game, menyelesaikan tugas hingga
melaksanakan pekerjaan kantoran kesemuanya sekarang sudah tidak terlepas
dari komputer karena semua hal tersebut dapat dilaksanakan dalam satu
alat yang bernama komputer tersebut.
Melihat
paradigma dan perkembangan kepopuleran komputer dalam masyarakat, kita
dapat mencermati bahwa hampir semua lapisan masyarakat sudah bisa untuk
menjalankan / mengoperasikan komputer namun tenaga yang bisa untuk
memberikan jasa service komputer masih amat terbatas. Dengan latar
belakang pendidikan pada jurusan informatika universitas muhammadiyah
malang dan melihat peluang bisnis yang terbuka lebar tersebut, kami
bermaksud untuk membuka usaha sevice computer yang mampu memberikan
hasil kerja yang berkwalitas dengan pelayanan yang sangat memuaskan.
1.2 Tujuan Pembangunan Usaha
Dalam pembangunan usaha ini terdapat beberapa tujuan yang hendak ingin dicapai
yang merupakan indikator dasar pembuatan usaha ini :
1. Media dalam mengimplementasikan ilmu yang telah didapat selama kuliah.
2. Membantu masyarakat yang kesulitan ketika komputenya rusak dengan cara
menawarkan jasa service.
3. Memanfaatkan peluang usaha yang memiliki prospek yang amat menjanjikan untuk
kedepanya.
4. Membuka peluang kerja baru bagi mahasiswa informatika yang baru lulus.
II. ANALISA PRODUK
2.1 Produk Yang Ditawarkan
Produk yang ditawarkan kepada konsumen dalam usaha ini adalah berupa jasa servis
dan penjualan perlengkapan computer.
2.1.1 Jenis servis komputer yang nanti akan kami tawarkan meliputi :
>Servis hardware
Servis hardware nantinya meliputi perbaikan pada bagian fisik komputer yang
mengalami kerusakan seperti masalah pada hardisk, ram, dvd rom / rw dan lain-lain.
>Software.
Untuk
kerusakan pada software, nantinya kami menangani masalah seperti
masalah virus atau kesalahan penggunaan yang berakibat pada rusaknya
system operasi pelanggan tersebut.
2.1.2 Jenis penjualan perlengkapan computer yang akan dijual adalah :
>Aksesoris computer (Pelindung keyboard dan desktop, Speker, pembersih
computer dan lain-lain.)
>Perlengkapan suku cadang computer (Ram, Hardisk, keyboard PC, dan lain-lain.)
2.2 Keunggulan Produk
.
Keunggulan usaha yang kami tawarkan disini telah kami analisa dengan
baik sehingga dengan keunggulan-keunggulan tersebut kami dapat menarik
konsumen lebih banyak. Keunggulan-keunggulan tersebut adalah :
1. Konsultasi kerusakan computer secara gratis.
Konsumen dapat mengkonsultasikan kerusakan komputenya secara gratis lewat e-mail
atau lewat group facebook yang telah kami buat.
2. Penanganan servis oleh tenaga yang berkompeten dalam bidangnya.
Tenaga kerja yang menangani masalah servis adalah mahasiswa teknik informatika yang
memiliki wawasan tentang computer.
3. Adanya jaminan terhadap barang yang diservis.
Kami memberikan garansi atas computer yang kami servis
4. Harga perlengkapan komputer yang lebih murah.
Barang yang kami jual diambil langsung dari prodesen sehingga jual kekonsumen murah.
II. ANALISA PASAR
3.1 Peluang Pasar
Peluang
pasar yang dimiliki usaha jasa servis dan penjualan perlengkapan
komputer ini sangat menjajikan. Tingkat kebutuhan masyarakat terutama
masyarakat perkotaan akan komputer dan hal-hal lain yang terkait
dengannya terlihat menggalami peningkatan yang cukup signifikan. Salah
satu indikator meningkatnya kebutuhan masyarakat akan komputer adalah
semakin genjarnya perusahaan-perusaan computer yang saling berupaya
untuk menghadirkan sebuah terobosan teknologi computer terbaru yang bisa
menampung dan menunjang segala kegiatan kehidupan dengan disesuaikan
dengan perkembangan zaman yang ada. Dengan semakin banyaknya computer
yang terjual di masyarakat maka keperluan perawatan dan servis pasti
akan sangat diperlukan, latar belakang pendidkan yang berbeda membuat
tidak semua masyarakat bisa untuk memberikan servis yang baik kepada
computer yang dimilikinya. Peluang inilah yang nanti bisa kita
manfaatkan untuk menghasilkan sebuah usaha yang dapat memberikan
keuntungan yang banyak.
3.2 Segmentasi Pasar
Sasaran
usaha jasa servis dan penjualan perlengkapan komputer ini pada dasarnya
tidak dibedakan karena yang terpenting adalah orang tersebut memilki
komputer yang menggalami kerusakan. Terlepas dari pandangan segmentasi
pasar secara umum tersebut kita juga dapat menggelompokan sasaran usaha
ini secara khusus. Penggelompokan secara khusus ini didasarkan pada
objek yang paling banyak menggunakan komputer. Dalam penggelompokan ini
para pegawai kantor dan mahasiwa merupakan sasaran dari segmentasi pasar
ini.
3.3 Analisa Pelanggan
Karakteristik dari pelanggan :
>Geografi : Perkotaan
>Status : Belum menikan-Menikah
>Sex : Laki-laki dan Perempuan
>Pekerjaan : Pegawai kantor dan Mahasiswa
>Umur : Remaja dan Dewasa
3.4 Media Promosi Yang Digunakan
Promosi
dilakukan dengan cara online dan offline yang ini dimaksudkan agar
penyampaian promosi ke masyarakat dapat lebih cepat diserap. Pelaksanaan
promosi direncanakan akan dilakukan selama empat bulan. Berikut adalah
media promosi yang digunakan :
- Internet
Memasang iklan lewat internet seperti lewat facebook atau website yang menyediakan
layanan iklan.
- Surat kabar.
Agar masyarakat yang suka membaca berita lewat Koran dapat menyerap informasi
promosi tersebut.
- Radio
Radio saat ini bisa didengar oleh masyarakat secara lebih luas dan tidak terbatasi oleh
factor ekonomi.
- Penyebaran brosur.
Dilakukan sebagai upaya promosi penunjang dari promosi-promosi yang sudah ada.
Penyebaran brosur dilakukan di kantor dan universitas yang tersebar dikota malang.
3.5 Strategi Pemasaran
Agar
usaha jasa servis dan penjualan perlengkapan komputer ini dapat dengan
cepat menarik perhatian masyarakat dan mampu popular diantara sekian
banyak usaha sejenis yang sudah ada, maka berikut adalah strategi
pemasaran yang nanti akan kami kembangkan :
1.
Melakukan promosi khusus selama dua minggu sebelum usaha ini
benar-benar dibuka, ini adalah terobosan awal agar masyarakat mengetahui
akan hadirnya usaha ini.
2. Memberikan diskon khusus selama satu minggu kepada konsumen yang melakukan
servis atau membeli perlengkapan computer dalam jangka waktu tersebut.
3.
Membuat sebuah group pada salah satu situs jaringan social seperti
facebook yang bertujuan untuk membuka semacam media untuk berdiskusi
tentang usaha yang dikembangkan ini. Pada bulan pertama ditargetkan
seluruh mahasiswa informatika anggkatan 2007 telah bergabung dalam
komunitas ini.
4. Melakukan kerja sama dengan beberapa penyelengara usaha sejenis yang letaknya
berada pada sebuah lokasi yang berbeda agar produk dapat lebih mudah terjual.
3.6 Analisa Pesaing
Peluang
usaha yang memilki potensi besar tentunya akan mendapat pesaing-pesaing
yang berkwalitas pula. Begitu juga dengan usaha yang akan kita bangun
kali ini, Terdapat beberapa pesaing yang menurut kami mampu untuk
memberikan pengaruh terhadapat perkembangan usaha yang akan kita
jalankan ini kedepanya. Berikut adalah beberapa pesaing yang akan kita
hadapai serta kekuatan yang mereka miliki saat ini :
- Borneo komputer.
Mereka memberikan penawaran harga yang relative murah serta memilki cabang
dibeberapa daerah yang tersebar dikota malang.
- Kirana aktif.
Memilki cabang pemasaran yang sudah tersebar dikota malang dan memiliki stategi
bisnis yang bagus yang terlihat dari ramainya konsumen yang datang.
- Bio Komputer.
Mereka memilki cabang yang banyak dikota malang serta tenaga kerja yang memilki
kwalitas baik
IV. ANALISA PRODUKSI DAN OPERASI
4.1 Proses Produksi
Untuk
mendukung proses produksi dan pelayanan pada usaha ini kami memilki
beberapa tenaga kerja. Sesuai dengan jenis usaha yang dijalankan, tenaga
kerja yang ada merupakan orang-orang yang memiliki latar belakang
pendidikan computer baik itu yang secara langsung menangani masalah
servis ataupun yang menjadi mediator dalam menjawab
pertanyaan-pertanyaan yang berasal dari konsumen yang masuk lewat media
internet. Untuk masalah barang-barang yang dijual kami secara langsung
memesan dari produsen atau agen resmi.
4.2 Bahan Yang Diperlukan
Untuk menjalankan usaha ini berikut adalah bahan-bahan serta perlengkapan yang
kami butuhkan yang nanti akan mendukung kelancaran usaha ini :
1. Komputer
2. Tools yang digunakan untuk melakukan service.
3. Printer.
4. Alat komunikasi (HP / Telepon).
5. Buku dan alat tulis serta kwitansi toko.
6. Akses Internet.
V. ANALISA KEUANGAN
5.1 Modal Awal (Fixed Cost)
Berikut adalah perincian modal awal serta penggunaanya :
1. Sewa tempat 1 tahun : Rp. 6.000.000
2. Computer kantor : Rp. 4.000.000
3. Perlengkapan ruangan : Rp. 3.000.000
4. Tools service : Rp. 2.000.000
5. Perlengkapan Hardware : Rp. 20.000.000
6. Perlengkapan software : Rp. 3.000.000
7. Aksesoris komputer : Rp. 2.000.000
TOTAL MODAL : Rp. 40.000.000
5.2 Pendapatan
1. Servis computer : Rp. 1.500.000
2. Penjualan peralatan hardware : Rp. 10.000.000
3. Penjualan software : Rp. 1.500.000
3. Penjualan aksesoris computer : Rp. 1.000.000
TOTAL PENDAPATAN / BULAN : Rp. 14.000.000
5.3 Variabel Cost
1. Gaji karyawan : Rp. 5.000.000
2. Transportasi : Rp. 500.000
3. Rekening listrik : Rp. 100.000
4. Rekening Air : Rp. 100.000
5. Akses internet : Rp. 200.000
6. Lain-lain : Rp. 500.000
TOTAL OPERASIONAL : Rp. 6.400.000
5.3 ANALISA BEP
BEP = Total fixed cost
( Pendapatan– Variable cost)
= 40.000.000
14.000.000 – 6.400.00
= 5,4 bulan
Jadi modal kita dapat kembali dalam jangka waktu 5,4 bulan ( 5 bulan 1 minggu )
VI. PERSONALIA DAN JADWAL KEGIATAN
6.1 Personalia
Berikut adalah orang-orang yang akan bergabung dalam membangun usaha ini :
>Rizka Fajarini 07560292
>Syakban Nashir 07560293
>Very Wahyu S. 07560297
6.2 Struktur Organisasi
VII. PENUTUP Demikian proposal ini kami buat, besar kiranya harapan kami agar kedepanya usaha ini dapat benar-benar dibangun karena melihat peluang usaha yang sangat menjanjikan. Dengan adanya proposal ini kami berharap dapat menjadi referensi untuk pembuatan proposal kedepannya.
Sumber :
http://nick3rs.blogspot.com/2011/06/6-tahapan-pengembangan-e-business.html
http://awalludin181189.blogspot.com/2010/11/proposal-e-business.html
http://awalludin181189.blogspot.com/2010/11/proposal-e-business.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar