Sabtu, 13 September 2014

E-Bussiness "Pengenalan Pemanfaatan Teknologi Internet

Nama                 :   Chuswatun Chasanah
Fakultas / Prodi  :    Ekonomi / Akuntansi
NPM                  :    13.0102.0070



Pengenalan Pemanfaatan Teknologi Internet
            Internet saat ini terasa semakin berperan penting dan sangat luas cakupannya. Yang pada awal nya hanya digunakan oleh kalangan perkantoran dan bisnis, namun sekarang boleh dikatakan internet menjadi hal wajib bagi setiap orang . Internet seperti sebuah jendela dunia yang menawarkan kepada kita untuk mendapatkan informasi tanpa batas dan bisa berkomunikasi dengan orang-orang di belahan dunia , saling berbagi, saling berbincang , bertukar pikiran, bertukar pengetahuan dan tentu banyak lagi.Seluruh bidang dituntut untuk memakai internet sebagai media mempercepat sistem penyebaran informasi.
Manfaat Internet diantaranya adalah :
1.      Manfaat Internet Bagi Pendidikan
Internet mampu meringankan dunia pendidikan untuk memperoleh informasi dengan cepat serta terbuka, apalagi sebagai website online berbasis ensiklopedia layaknya wikipedia memberikan jutaan informasi yang terkait dengan dunia pendidikan.Perihal ini sangat menolong dalam bidang pendidikan agar dapat berkembang saat mengeksplorasi beragam informasi yang terkait dengan pendidikan .
Internet sangat penting bagi para pelajar maupun pendidik  untuk mempermudah dalam mengerjakan tugas dan mendapatkan referensi mengenai pelajaran dengan murah dan tidak rumit.
2.      Manfaat Internet Bagi Kesehatan
Dengan adanya internet, penduduk bisa lebih cepat tahu beragam jenis informasi perihal penyakit dengan umum. Kemudahan informasi ini bermanfaat untuk evaluasi penduduk bagaimana menghindar satu penyakit serta mengambil tindakan awal untuk sebagian penyakit-penyakit umum.
Disamping itu dari program kesehatan yang berbasis internet atau (e-health).
Contoh : withings.com

3.      Manfaat internet Bagi Ekonomi
Saat ini teknologi serta sarana internet telah menjadi sandaran utama untuk sebagian besar pebisnis. Melewati berbagai media di Internet beberapa pelaku usaha berlomba mempercepat sistem perkembangan usaha mereka.
Apalagi sebagian perusahaan menjadikan internet sebagai area utama sebagai tips saat melakukan riset pemasaran. Melalui internet , suatu usaha / produk dapat dengan mudah memasuki jaringan yang lebih global dan cepat menyebar di masyarakat luas. Melalui internet , bisnis dapat dijalani dengan suatu sarana yang biasa digunakan adalah WEB .
Manfaatnya diantaranya adalah :
-          Internet adalah teknologi yang diciptakan sebagai sumber  informasi.
Misalnya, seorang yang memiliki usaha  makanan kaleng, ia bisa mencari pengetahuan tentang apa saja yang dibutuhkan. Entah itu bahan, cara pengolahan, maupun bagaimana memasarkannya.
-          Internet tidak hanya membantu para pebisnis yang sudah lama terjun dalam bidang ini. Para pemula pun bisa mulai tertarik berwirausaha bila mendapat pengetahuan tentang bisnis. Hal ini tentu akan menambah maraknya dunia bisnis di Indonesia.
-          Manfaat internet dalam dunia bisnis adalah bisa memudahkan para pebisnis untuk memasok barang yang menjadi komoditi bisnis mereka.
Misalnya, ada seseorang yang bisnisnya bergerak dalam bidang fashion dan ingin menambah koleksi dengan membeli barang import. Ia bisa saja menggunakan jasa internet untuk mencari informasi dan memesan barang dari luar negeri.
-          Internet adalah suatu media untuk berpromosi. Ini juga merupakan salah satu manfaat internet bagi dunia usaha. Lewat situs pribadi, blog, atau jejaring sosial internet, promosi bisa lebih mudah dilakukan, hemat biaya, dan cakupan promosinya (masyarakat/konsumen) juga bisa lebih luas.
-          Manfaat internet bagi dunia usaha tak hanya dirasakan oleh para pebisnis yang berperan sebagai produsen, tapi juga dirasakan oleh para konsumen secara tidak langsung. Bila dunia usaha maju, para konsumen pun akan lebih mudah mendapatkan barang berkualitas yang mereka inginkan.
-          Tak hanya para konsumen. Secara tidak langung, manfaat internet bagi dunia usaha juga berpengaruh pada para pekerja. Misalnya, suatu perusahaan yang maju berkat adanya internet, tentu akan mempengaruhi taraf hidup para pekerjanya. 

Sumber :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar