Selasa, 07 Oktober 2014

Business to Business (B2B)



Nama: Chuswatun Chasanah
NPM: 13.0102.0070
Fak/Jur : Ekonomi / Akuntansi (B)
Universitas Muhammadiyah Magelang 


 Business to Business


B2B adalah transaksi secara elektronik antara entitas atau obyek bisnis yang satu ke obyek bisnis lainnya, dapat disimpulkan B2B adalah :
  • Disebut juga transaksi antar perusahaan
  • Transaksinya menggunakan EDI dan email untuk pembelian barang dan jasa, informasi & konsultasi
  • Digunakan untuk pengiriman dan permintaan proposal bisnis.

Keterangan:

EDI - singkatan dari Electronic Data Interchange sebenarnya adalah sebuah metode pertukaran dokumen bisnis antar aplikasi komputer - antar perusahaan/instansi secara elektronis dengan menggunakan format standar yang telah disepakati.
Business-to-business (B2B) menggambarkan transaksi perdagangan antara perusahaan, seperti antara produsen dan grosir, atau antara grosir dan pengecer.
Volume transaksi B2B jauh lebih tinggi dibandingkan volume transaksi B2C. Alasan utama untuk ini adalah bahwa dalam rantai pasokan yang khas akan ada banyak transaksi yang melibatkan B2B subkomponen atau bahan baku, dan hanya satu transaksi B2C, khususnya penjualan produk jadi ke konsumen akhir.
 Sebagai contoh, sebuah produsen mobil membuat beberapa transaksi B2B seperti membeli ban, kaca untuk kaca jendela, dan selang karet untuk kendaraan. Transaksi terakhir, kendaraan yang sudah selesai dijual ke konsumen, adalah satu (B2C) transaksi.

E-procurement.
Merupakan proses pengadaan barang dan jasa yang menggunakan suatu jaringan atau internet untuk proses transaksi procurement. Ada beberapa tipe procurement yaitu e-sourcing, e-reverse, e-tendering, e-informing, web-based ERP, e-marketsite, e- MRO (maintenace, repairing, operation). Modul e-Procurement akan meningkatkan efektifitas, efisiensi, transparansi, kinerja, dan akuntabilitas transaksi yang dilakukan. Selain itu biaya operasional dapat dikurangi secara signifikan dengan tingkat akurasi transaksi yang tinggi dan services level yang baik. Hal ini terjadi karena tidak diperlukan lagi proses penyerahan fisik dokumen dan administrasi secara manual yang memakan waktu dan biaya. Langkah-langkah menggunakan e-procurement:

1. Mencari vendor ataupun produk dengan melihat catalog maupun brosur
2. Melihat kualitas dari vendor tersebut
3. Memilih mekanisme pasar
4. Melakukan negoisasi dengan vendor yang terpilih
5. Membuat perjanjian pembelian

Contoh penerapan E-procurement di Indonesia adalah Pertamina E-Procurement.


E-Auction(Pelelangan)

Merupakan pelelangan negosiasi dilakukan melalui platform online.Pemasok mendapatkan kemungkinan memperbaiki proposal mereka berdasarkan umpan balik dari pasar (peringkat misalnya dalam negosiasi) dan dianggap sebagai cara yang paling transparan melakukan negosiasi.Pelelangan mencakup baik harga dan non-harga (tingkat layanan, kualitas, dll)parameter untuk memastikan hasil lelang mencerminkan
nilai total keseluruhan terbaik untuk APMM.
 
Manfaat berpartisipasi dalam E-Auction
  • Proses Transparan
  • Ini akan menjadi jelas bagi peserta mengapa mereka menang / kalah dalam e-Auction.
  • Peserta akan menerima real-time informasi pasar.
  • Kontrak dapat diberikan lebih cepat.
  • Waktu penghematan dibandingkan dengan tatap muka negosiasi 

 Contoh pengguna e-auction di indonesia adalah Telkom E-Auction, Krakatau Steel E-Auction
Layanan Telkom E-Auction.JalinTrade merupakan merek dagang dari TELKOM untuk produk Electronic Auction dan menjadi pelopor penyedia B2B auction dan e-marketplace di Indonesia bagi perusahaan-perusahaan besar dalam melakukan proses penjualan dan pengadaan secara online. JalinTrade didukung penuh oleh Divisi Multimedia PT. Telekomunikasi Indonesia, Tbk. dan bekerjasama dengan PT. Trimera Media Utama. Disamping menyediakan e-marketplace, JalinTrade juga menyediakan bisnis konsultasi, solusi eprocurement dan e- Auction. Solusi dan jasa yang diberikan JalinTrade memiliki banyak keunggulan. Beberapa diantaranya adalah sebagai berikut: · Mendapat dukungan penuh dan kuat dari TELKOM · Solusi E-Auction memiliki waktu implementasi sekitar 12 hari kerja dan cepat · Memiliki dukungan teknologi kelas dunia dari Commerce One dan Microsoft · JalinTrade e-MarketPlace adalah solusi hosting, dimana seluruh software dan hardware kami sediakan di Data Center. Tidak diperlukan Investasi apapun, cukup PC dengan koneksi Internet. Bidder adalah vendor atau supplier yang mengikuti proses pengadaan melalui e-auction.Hampir semua jenis produk/jasa bisa dilakukan online auction, termasuk produk yang memiliki spesifikasi yang cukup kompleks. Kecuali produk/jasa yang tingkat persaingannya kecil.

Contoh yang lain adalah :

1.http://globalmarket.com/
GlobalMarket Group adalah sebuah perusahaan perdagangan internasional pemasaran. Sekarang dengan lebih dari 30 kantor lapangan serta staf dari 1.000, perusahaan berkomitmen untuk mendirikan GMC (Global Produsen Sertifikat) Masyarakat, di mana manufaktur Cina yang berkualitas didirikan dan dapat berdiri di antara sisanya. Dengan mengikuti pameran global, penawaran marketing dan memberikan solusi sourcing, jembatan pasar global kesenjangan antara pembeli global dan produsen GMC.

2.http://tradekey.com/
TradeKey.com didirikan pada tahun 2005 dengan tujuan untuk memfasilitasi perdagangan global dan membawa pembeli dan penjual dari seluruh dunia untuk satu platform bersama.TradeKey.com bangga mengumumkan bahwa telah sangat perwakilan TradeKey.com dukungan pelanggan profesional dan berdedikasi yang tersedia untuk menyelesaikan masalah dan kekhawatiran dari semua anggota TradeKey.com. Kembangkan bisnis Anda dengan pesat dengan bantuan ahli TradeKey.com.


3.http://www.folderbiz.com/
FolderBiz.com merupakan sebuah portal bisnis di Indonesia yang menyediakan fasilitas online bagi perusahaan-perusahaan atau unit bisnis yang ingin mempromosikan produk-produknya secara online. FolderBiz.com juga menyediakan fasilitas online bagi perusahaan yang ingin mencari atau sekaligus memposting informasi bisnis mereka, sehingga mereka dapat membentuk jaringan pemasaran yang lebih luas maupun memperbanyak relasi (partnership) yang akan meningkatkan oportunitas bisnisnya. Tujuan: membantu perusahaan-perusahaan yang ingin memasarkan produk-produknya secara online.


 Sumber :


Tidak ada komentar:

Posting Komentar