Kamis, 06 November 2014

RANCANGAN KONSEP PEMBANGUNAN E-BUSSINES (UTS SEMESTER GASAL 2014 UMMGL)


RANCANGAN KONSEP PEMBANGUNAN E-BISNIS
PADA UKM
OBAT JASMANI SARI JAHE MERAH “DARNI RATANG”


Disusun Oleh :
Chuswatun Chasanah   (13.0102.0070 )


PROGRAM STUDI AKUNTANSI
FAKULTAS EKONOMI
UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MAGELANG
2014

BAB I 
PENDAHULUAN


1.      1. Latar Belakang
Secara umum e-bussines (electronic bussines) menggambarkan luas mengenai teknologi, proses dan praktek yang dapat melakukan transaksi bisnis tanpa menggunakan kertas sebagai sarana dan prasarana yang ada dan ditunjang dengan berbagai penunjang teknologi informasi khususnya e-commerce (electronic commerce).Maka akan semakin meningkan kemudahan dan informasi sebagai pendukung manusia dalam penyelesaian tugas-tugas secara efektif.E-commerce berperan penting untuk mempermudah pembeli maupun pelanggan dalam mendapatkan informasi mengenai barang yang ingin dicari.
Banyak yang dapat dilakukan melalui internet dan barang apa saja bisa ditawarkan. Saat saya melakukan observasi untuk memenuhi tugas dari matakuliah akuntansi biaya, saya tertarik untuk melakukan penelitian lagi mengenai konsep perancangan pembangunan e-bussines. Karena saya yakin produk ini sangat berpotensi dikalangan umum secara global.
Hal-hal diataslah yang mengantarkan saya untuk tertarik dalam melakukan suatu riset membangun suatu rancangan konsep pembangunan e-bussines agar dapat bermanfaat secara efektif bagi UKM Jahe Instan Darni Ratang yang berdiri sejak bulan Juni 2013 dan berproduksi di jalan Magelang – Purworejo tepatnya didusun Bowan 3, Tanggulrejo, Tempuran, Magelang sehingga penulis memilih judul : RANCANGAN KONSEP PENGEMBANGAN E-BUSSINES PADA UKM OBAT JASMANI SARI JAHE MERAH“DARNI RATANG"



2.   Rumusan Masalah
a.       Infrastruktur apa saja yang dibutuhkan untuk membuat konsep penjualan berbasis online?
b.      Berapa perkiraan biaya yang dibutuhkan untuk membangun infrastruktur yang dibutuhkan?
c.       Bagaimana bentuk rancangan konsep pembangunan e-bisnis pada UKM Obat Jasmani Sari Jahe Merah “Darni Ratang”?

3. Tujuan
a.       Untuk memenuhi tugas Ujian Tengah Semester (UTS)  mata kuliah E-bussines.
b.      Untuk mengetahui infrastruktur yang diperlukan untuk membangun konsep penjualan berbasis online.
c.       Untuk mengetahui perkiraan biaya yang diperlukan
d.      Untuk mengetahui bentuk konsep penjualan yang efektif bagi UKM Obat Jasmani Sari Jahe Merah “Darni Ratang”


BAB II 
PEMBAHASAN


Rancangan pembangunan mengenai konsep e-bussines pada UKM Obat Jasmani Sari Jahe merah Darni Ratang  yang saya pilih pada dasarnya sederhana, yaitu  hanya menggunakan layanan media sosial seperti facebook , twitter dan blog yang tidak terlalu rumit. Saya rasa itu akan berpengaruh  secara efektif dan efisien.
Sistem yang digunakan oleh usaha ini berdasarkan masa (selalu menerima order) dan atau datang langsung ke tempat produksi serta  pembayaran yang dapat dilakukan secara langsung ditempat / COD ( Cash On Delivery).Berbeda dengan rancangan yang akan saya buat, yang mana akan dibagi menjadi 2  cara pemesanan yaitu melalui internet (blog, facebook, twitter) serta secara tatap muka (face to face).





  1. Infrastruktur yang perlu di penuhi antara lain :
a.    Perangkat Keras (Hardware)
b. Perangkat Lunak (Software)

Software
Keterangan
Microsoft Office
Untuk pembuatan Laporan keuangan
Operating System

Adobe Photoshop CS 5
Desain berbasis titik
Corel Draw
Desain berbasis vektor
Macromedia Dreamweaver 2004 MX
Macromedia Dreamweaver MX 2004 adalah HTML editor professional yang berfungsi mendesain, melakukan coding dan mengembangkan website yang paling terkenal didunia web
Browser
Perangkat lunak yang digunakan untuk menampilkan dan melakukan interaksi dengan dokumen-dokumen yang disediakan oleh layanan web. Mozilla , Google Chrome , Opera dll.

  1. Anggaran yang diperlukan untuk membangun infrastruktur website,, dan pada penggunaan website menggunaan 2 komputer yaitu sebagai admin untuk menyetir dan mengontrol serta sekaligus dapat digunakan untuk membuat laporan keuangan. satunya untuk  operator yang mengoperasikan kegiatan jual , promosi dan memperbarui  informasi.

No
Unit
Yang diperlukan
Biaya
1.
1 set
Komputer , laptop dan printer
Rp. 8.500.000
2.
1
Modem
Rp.    400.000
3.
1
Kabel UTP
Rp.      50.000
4.
1
Switch HUB
Rp.    200.000
5.
1
Ethernet Card
Rp.    100.000
6.
1
Kamera Digital
Rp. 1.500.000
7.
1
Biaya tambahan
Rp.    100.000
8.
1
Hosting dan domain
Rp.    200.000
9.
1
Biaya pemasangan
Rp.    250.000
Jumlah
Rp. 11.050.000

Apabila hanya menggunakan media sosial ( facebook, twitter dan blog gratis) , bisa dengan praktis dilakukan oleh 1 orang karena ini tidak rumit serta akan lebih menghemat pengeluaran, yaitu :

No
Unit
Yang diperlukan
Biaya
1.
1 set
Komputer + printer
Rp. 5.500.000
2.
1
Modem
Rp.    400.000
3.
1
Kamera Digital
Rp. 1.500.000
Jumlah
Rp. 7.400.000

3. Rancangan konsep pembangunan e-bisnis pada UKM Obat Jasmani Sari Jahe Merah “Darni Ratang”

Untuk jangka waktu dekat , bisa menerapkannya dengan menggunakan blog. Jika penggunaan blog , facebookdan twitter mendapat respon yang baik, dapat diperluas menggunakan website yang lebih rumit dan praktis lagi . Berikut adalah implementasi rancangan blog yang telah dibut . dapat dilihat pada 
http://jahedarniratang.blogspot.com/search/label/HOME
Aneka Produk  : Mengenai produk-produk yang di jual
Harga Jual        : Harga jual menunjukkan daftar harga jual produk berdasarkan kategori kemasan
Home               : Menunjukkan halaman utama blog , mengenai postingan terbaru dari blog
Konfirmasi        : berisi kontak  yang dapat dihubungi untuk melakukan transaksi
Me n' Customer : mengenai profil pemilik dan para konsumen yang telah berlangganan dan mengenai kutipan mengenai tanggapan positif tentang produk.

Berikut Desain blog yang telah saya rancang, serta inilah desain website yang saya rancang. Cukup sederhana , namun apabila dilakukan secara berkala dan postingan selalu up to date, perusahaan ini mampu bersaing dengan perusahaan lain .

Berdasarkan desain diatas sudah cukup jelas bahwa perbedaannya dengan blog tidak jauh berbeda hanya saja website lebih canggih dan lebih rumit karena harus menghadirkan beberapa konsumen yang sangat awam bagi sebagian orang yang tidak kenal dengan komputer.

BAB III 
KESIMPULAN
Berdasarkan rincian perancangan yang telah dibuat , dapat ditarik kesimpulan bahwa sangat perlu diadakan penjualan berbasis online ( internet) untuk meningkatkan penjualan dan mendapatkan respon positif dari para konsumen.

LAMPIRAN

Lampiran dibawah ini merupakan hasil penelitian saya dan kemasan nya berbeda dengan header yang telah saya implementasikan karena gambar pada header merupakan gambaran jika blog ini benar - benar diadakan/ digunakan.




DAFTAR PUSTAKA 

http://duniaseribuwarna.blogspot.com/2014/10/fefsdfsdfsfsf.html
http://repository.amikom.ac.id/files/Publikasi_09.11.3400.pdf 
http://www.tokojahemerah.com/profile/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar